Minggu, 23 Oktober 2011

STYLE


Resume kuliah Teknik Dokumentasi Aplikasi - Pertemuan 5

Resume 5
Mata kuliah : Teknik Dokumentasi Aplikasi
Dosen : 
Ayuningtyas, S.Kom.,M.MT.,- MOS

STYLE
(Gaya Teknik Penulisan Aplikasi)

*** Dari Sisi Bahasa***
  1. Menggunakan kalimat aktif : kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan atau melakukan perbuatan. Biasanya diawali oleh awalan me- atau ber-.
  2. Menggunakan kalimat pasif : kalimat yang subjeknya dikenai suatu perbuatan atau aktifitas. Kalimat pasif biasanya diawali oleh awalan ter- atau di-. Perbedaanya adalah imbuhan di- tidak dapat digunakan untuk suatu perbuatan yang dilakukansecara tidak disengaja.
  3. Menggunakan bahasa yang jelas : bahasa yang digunakan memperlihatkan secara jelas unsur-unsur kalimatnya, seperti subjek, predikat, objek, dan keterangan atau pelengkap.
Sumber : link 1, link 2

*** Dari Panjang Kalimat ***

  1. Mudah dipahami oleh pembaca : bahwa informasi yang disampaikan mudah dimengerti pembaca, sehingga pembaca tidak sulit mengambil atau menarik kesimpulan dari isi bacaan.
  2. Menggunakan kalimat yang sederhana : bahwa isi bacaan tidak banyak menggunakan bahasa yang sulit dibaca oleh pembaca, jadi menggunakan kalimat yang sederhana untuk memberikan maksud bacaan.
  3. Mencoba untuk membuat antara 13-21 kata setiap kalimat : bahwa umumnya sebuah kalimat yang bagus adalah kalimat itu mempunyai panjang kalimat antara 13-21 kata per kalimat. 
  4. Menghapus kata yang tidak perlu digunakan : bahwa kata-kata yang memang sesungguhnya tidak perlu ada di dalam tulisan maka kata-kata itu sebaiknya dihapus.
*** Bahasa dan Istilah ***
  1. Menyediakan kamus istilah-istilah di dalam kata
  2. Menyediakan glosarium istilah, biasanya terletak pada akhir buku
  3. Mengekspresikan ide-ide dalam kata-kata lain
*** Penomeran ***
  1. Nomor dalam teks
  2. Chapter, section, halaman dan part numbers
  3. Decimal
  4. Tanggal
  5. Waktu
  6. Nomot telepon
  7. Number associated with a unit
*** Penulisan Huruf ***

  1. Bold : penulisan huruf mengunakan bold biasanya digunakan untuk judul bab atau subbab, daftra isi, daftar tabel, daftar lambang, daftar pustaka, indeks, dan lampiran.
  2. Italics : penulisan huruf menggunakan italics biasanya digunakan untuk bahasa asing.
  3. Underlining



Tidak ada komentar:

Posting Komentar