Rabu, 26 Oktober 2011

Objek - Objek Database

Resume kuliah Pemrograman Basis Data 2 - Pertemuan 4

Resume : 4
Mata Kuliah : Pemrograman Basis Data 2

Objek - Objek Database

Database Relasional memiliki objek-objek atau tipe-tipe yang berbeda, seperti dijelaskan dibawah ini secar detail dan jelas sebagai berikut :

1. Tables => Objek ini memiliki tipe-tipe data yang aktual. Tabel ini terdiri dari baris dan kolom.\
2. View => Mempresentasikan bagian data yang berasal dari satu / lebih tabel yang memiliki hubungan. Fungsi view itu sendiri adalah wujudnya berupa tabel tetapi hanya bisa dibaca.
     Contoh view :



3. Triggers => Procedure yang disimpan dalam database dan dipicu apabila ada penambahan, pengupdetan, penghapusan dalam sebuah database.
    Contoh Triggers:



4. Synonyms => Nama lain untuk suatu object.
    Contoh synonyms :


5. Sequences => Secara otomatis akan mengenerate bilangan secara unik. Objek yang bisa dipakai bersama. Biasanya digunakan untuk keperluan penyediaan Primary Key.
     Sintaks Umum sequences:

     Contoh sequences :


6. Index => Index adalah skema object. Digunakan oleh Oracle server untuk meningkatkan kecepatan untuk mendapatkan baris data yang diinginkan dengan menggunakan pointer. 
    Sintaks Umum Indeks :


     Contoh Indeks :


7. Package => Kumpulan dari procedure dan function yang disimpan di dalam server agar bisa dipakai oleh user lain.
    Contoh package :

8. Snapsots => Merupakan citra dari sebuah database source pada saat dimana database snapshot dilakukan. Database biasa digunakan untuk keperluan read only database seperti sebagai sumber laporan atau sebagai source proses export database.
    Contoh Snapshots :

9. Cluster => Merupakan objek schema yang menyimpan data tabel-tabel dengan satu atau beberapa kolom yang digunakan bersama-sama.
    Contoh cluster :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar