Minggu, 30 Oktober 2011

Aktivitas - Aktivitas Logistik

Resume kuliah Sistem Informasi Terpadu - Pertemuan 5
Resume : 5
Mata Kuliah : Sistem Informasi Terpadu

Aktivitas  - Aktivitas Logistik

*** Pelayanan Pelanggan (Customer Service) ***
  • Adalah suatu proses yang berlangsung diantara pembeli, penjual dan pihak ketiga yang menghasilkan nilai tambah untuk pertukaran produk atau jasa dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu panjang.
  • Elemen-elemen cutomers service :
    1. Elemen Pratransaksi (Pretransaction Elements) : Bersifat non rutin, berhubungan dengan kebijakan manajemen, dan tidak langsung berhubungan dengan logistik, tetapi berhubungan dengan penjualan.
      • Elemen-elemen spesifik dari pratransaksi customer service adalah :
        1. Menyediakan pernyataan tertulis mengenai kebijakan pelayanan pelanggan.
        2. Menghadirkan iklim yang baik untuk pelayanan pelanggan.
        3. Mengadakan rencana-rencana alternatif di waktu-waktu khusus seperti pada waktu bencana alam, atau buruh mogok yang dapat mengganggu pelayanan normal.
        4. Menciptakan struktur organisasional untuk mengimplementasikan pelayanan pelanggan.
        5. Pelanggan menerima pernyataan kebijakan servie, dimana pernyataan tersebut harus memberikan informasi bagaimana berhubungan dengan perusahaan, jika tingkat kinerja tidak tercapai.
        6. Struktur organisasi, meskipun tidak ada struktur organisasi yang paling cocok agar dapat berhasil dalam pelaksanaan kebijakan pelayanan semua pelanggan, struktur yang terpilih tersebut seharusnya memudaahkan komunikasi dan kerjasama antara fungsi-fungsi yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan pelayanan pelanggan.
        7. Manajemen pelayanan, seperti pelatihan dan seminar yang dirancang untuk membantu untuk memperbaiki pelayanan kepada pelanggan.
    2. Elemen Transaksi (transaction Elements) : semua hal yang secara langsung merupakan hasil dari pengiriman produk pada pelanggan, penentuan tingkat persediaan, pemilihan mode transaportasi dan mengadakan prosedur proses pemesanan.
      • Elemen-elemen spesifik dari transaksi customer service ini adalah :
        1. Stokout level, merupakan pengukuran ketersediaan produk. Stokout seharusnya dicatat berdasarkan produk dan berdasarkan pelanggan untuk menentukan dimana letak permasalahannya.
        2. Informasi pemesanan, merupakan kemampuan menyediakan informasi yang akurat dan cepat pada pelanggan tentang status persediaan, status pemesanan, tanggal pengiriman, serta status back-order.
        3. Elemen siklus pemesanan, merupakan total waktu yang dibutuhkan mulai dari pemesanan pelanggan sampai pengiriman kepada pelanggan.
        4. Mempercepat pengiriman untuk mengurangi waktu siklus pemesanan normal.
        5. Pemindahan pengangkutan, merupakan pengangkutan produk diantara lokasi-lokasi untuk menghindari stokout.
        6. ketepatan sistem, merupakan ketapatan kualitas yang dipesan, produk yang dipesan, dan sistem pembayaran, yang penting hal tersebut baik bagi pelanggan maupun pengusaha.
        7. Order convenience, merupakan tingkat kesulitan yang dialami pelanggan ketika melakukan pemesanan.
        8. Produk subtitusi, hal ini terjadi ketika 
    3. Elemen Post-Transaksi (Posttransaction Elements)
Sumber : link 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar