Resume kuliah Sistem Informasi Terpadu - Pertemuan 5
Resume : 5
Mata Kuliah : Sistem Informasi Terpadu
Dosen : Panca Rahardiyanto, S.Kom
Aktivitas - Aktivitas Logistik
*** Pelayanan Pelanggan (Customer Service) ***
- Adalah suatu proses yang berlangsung diantara pembeli, penjual dan pihak ketiga yang menghasilkan nilai tambah untuk pertukaran produk atau jasa dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu panjang.
- Elemen-elemen cutomers service :
- Elemen Pratransaksi (Pretransaction Elements) : Bersifat non rutin, berhubungan dengan kebijakan manajemen, dan tidak langsung berhubungan dengan logistik, tetapi berhubungan dengan penjualan.
- Elemen-elemen spesifik dari pratransaksi customer service adalah :
- Menyediakan pernyataan tertulis mengenai kebijakan pelayanan pelanggan.
- Menghadirkan iklim yang baik untuk pelayanan pelanggan.
- Mengadakan rencana-rencana alternatif di waktu-waktu khusus seperti pada waktu bencana alam, atau buruh mogok yang dapat mengganggu pelayanan normal.
- Menciptakan struktur organisasional untuk mengimplementasikan pelayanan pelanggan.
- Pelanggan menerima pernyataan kebijakan servie, dimana pernyataan tersebut harus memberikan informasi bagaimana berhubungan dengan perusahaan, jika tingkat kinerja tidak tercapai.
- Struktur organisasi, meskipun tidak ada struktur organisasi yang paling cocok agar dapat berhasil dalam pelaksanaan kebijakan pelayanan semua pelanggan, struktur yang terpilih tersebut seharusnya memudaahkan komunikasi dan kerjasama antara fungsi-fungsi yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan pelayanan pelanggan.
- Manajemen pelayanan, seperti pelatihan dan seminar yang dirancang untuk membantu untuk memperbaiki pelayanan kepada pelanggan.
- Elemen Transaksi (transaction Elements) : semua hal yang secara langsung merupakan hasil dari pengiriman produk pada pelanggan, penentuan tingkat persediaan, pemilihan mode transaportasi dan mengadakan prosedur proses pemesanan.
- Elemen-elemen spesifik dari transaksi customer service ini adalah :
- Stokout level, merupakan pengukuran ketersediaan produk. Stokout seharusnya dicatat berdasarkan produk dan berdasarkan pelanggan untuk menentukan dimana letak permasalahannya.
- Informasi pemesanan, merupakan kemampuan menyediakan informasi yang akurat dan cepat pada pelanggan tentang status persediaan, status pemesanan, tanggal pengiriman, serta status back-order.
- Elemen siklus pemesanan, merupakan total waktu yang dibutuhkan mulai dari pemesanan pelanggan sampai pengiriman kepada pelanggan.
- Mempercepat pengiriman untuk mengurangi waktu siklus pemesanan normal.
- Pemindahan pengangkutan, merupakan pengangkutan produk diantara lokasi-lokasi untuk menghindari stokout.
- ketepatan sistem, merupakan ketapatan kualitas yang dipesan, produk yang dipesan, dan sistem pembayaran, yang penting hal tersebut baik bagi pelanggan maupun pengusaha.
- Order convenience, merupakan tingkat kesulitan yang dialami pelanggan ketika melakukan pemesanan.
- Produk subtitusi, hal ini terjadi ketika
- Elemen Post-Transaksi (Posttransaction Elements)
Sumber : link
Tidak ada komentar:
Posting Komentar